MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( PROJECT BASED LEARNING )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)

Satuan Pendidikan                : MI AL MUHAJIRIN
Kelas/Semester                      : IV /II                                                                                      
Tema/Sub Tema                    : 7. Cita- Citaku/ 2. Hebatnya Cita-   Citaku
Pembelajaran                         : 3
Alokasi Waktu                                   : 175 menit

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.             Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar (KD)  dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3. Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


Indikator
3.3.1   Menceritakan kehebatan suatu cita-cita dari informasi yang dibaca.
1.3.1   Membuat dan mempraktikkan percakapan tentang suatu cita-cita dengan memperhatikan kosakata.
IPS
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat.
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat.
          IPA
Kompetensi Dasar
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
Indikator
3.5.1   Menemukan hubungan sifat bunyi dengan benda.
4.4.1   Menarik kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi.
C.      Tujuan Pembelajaran
1.             Setelah membaca informasi dan diskusi, siswa mampu menceritakan kehebatan suatu cita-cita dari informasi yang dibaca dengan benar.
2.             Setelah membaca informasi dan diskusi, siswa mampu membuat dan mempraktikkan percakapan tentang suatu cita-cita dengan memperhatikan kosakata baku dengan benar.
3.             Setelah diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam, siswa mampu mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat dengan benar.
4.             Setelah diskusi dan membaca teks bacaan secara mendalam, siswa mampu menjelaskan manfaat suatu cita-cita bagi manusia, alam, budaya, dan ekonomi dengan benar.
5.             Berdasarkan pengamatan, siswa mampu menjelaskan hubungan sifat bunyi dengan benda dengan benar.
6.             Berdasarkan pengamatan, siswa mampu membuat laporan tentang percobaan sifat bunyi serta manfaatnya dengan benar.

D.      Materi Pembelajaran
1.             Bahasa Indonesia: Percakapan tentang suatu cita-cita.
2.             IPS: Interaksi sosial dalam masyarakat, kaitannya dengan manfaat cita-cita bagi kehidupan di masyarakat.
3.             IPA: Sifat-sifat bunyi.

E.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode:  Tanya Jawab, Diskusi, Bermain Peran, Kegiatan Pembelajaran Terprogram, Proyek, Praktikum.
2.      Pendekatan: Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan).
3.      Strategi: Active Learning Strategy.
4.      Teknik: Kooperative Teknik Jigsaw.
F.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media                       : Bacaan  tentang sumber bunyi di sekitar siswa.
2.      Alat                            : LCD, Projector, Laptop, Alat Tulis.
3.      Sumber Belajar          : Buku siswa
Farani , AL, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 7: Cita-Citaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.











G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
 Pendahuluan
1.      Menyiapkan Peserta didik secara psikis (berdoa,  membuka KBM dengan basmalah, dan menanyakan kabar).
2.    Menyiapkan Peserta didik secara Fisik (merapikan baju, merapikan tempat duduk, mengecek kehadiran siswa dan melakukan upaya tindak lanjut atas kehadiran siswa).
3.    Memberi motivasi belajar secara kontekstual. Misal: Memotivasi untuk mengkonsepkan diri siswa untuk memiliki cita-cita sesuai.
4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran/ KD.
5.    Menyampaikan cakupan materi secara singkat sesuai silabus. Misal: menyampaikan keterkaitan bahasan Mapel yang akan dipelajari hari ini.
15 Menit
Inti
A.     menentukan Pertanyaan Mendasar (mengumpulkan informasi)
1.    Pernahkah kalian mendengar bagaimana bunyi suatu benda?
2.    Bisakah kalian menirukan suara bunyi yang pernah kalian dengarkan?
3.    Benda apa saja yang bisa menghasilkan bunyi?
4.    Apakah cita-cita kalian?
5.    Apakah kalian tahu pekerjaan anggota keluarga kalian?
B.      Mendesain Perencanaan Proyek
1.    Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang siswa yang bersifat heterogen.
2.    Guru menjelaskan proyek tentang kegiatan siswa yang akan dilakukan dalam pembelajaran 3 ini, yaitu siswa bersama sama secara kooperatif melakukan percakapan seputar cita-cita. Proyek  yang kedua adalah membuat sebuah terompet, termasuk memberi tahukan alat dan bahan apa saja yang harus dibawa oleh siswa.
3.    Menjelaskan aturan main dalam kelompok kerja pembuatan teks percakapan dan terompet dari daun kelapa atau daun pisang. (kegiatan pada sintaks Poin B ini mengikutkan peran serta siswa, atau bisa dikatakan guru dan siswa bekerjasama secara kolaboratif dalam penentuan hal-hal diatas).
no
kegiatan
1



Siswa membuat teks percakapan tentang cita-cita pada minggu pertama, Menginformasikan pada minggu pertama untuk menyediakan bahan alat untuk melakukan proyek pembuatan sumber bunyi berupa terompet
2
Pada minggu kedua Membuat terompet dari daun kelapa atau daun pisang yang secara tersirat ada makna cita-cita dalam hasil proyek yang dibuat nantinya.
C.      Menyusun jadwal
Guru memberitahukan bahwa kegiatan proyek tersebut akan dilaksanakan pertemuan kali ini dan pertemuan minggu depan (pertemuan berikutnya). Berikut jadwal siswa untuk pelaksanaan proyek.

Dengan instruksi diatas, otomatis alat dan bahan harus disiapkan dan dibawa oleh siswa secara kooperatif pada pertemuan kedua pelaksanaan proyek
Guru menjelaskan pada siswa bahwa desain pembuatan terompet bisa dibuat sesuai kesepakatan kelompok masing-masing (desain disini dalam artian ditinjau dari segi bentuk, warna, ukuran, kualitas suara, dll).
D.     Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek
1.      Guru mengawasi dan memonitor jalannya kegiatan siswa dalam menyelesaikan proyek (yaitu membuat teks percakapan sesuai kaidah berbahasa baik lisan maupun tulisan.
2.      Guru mengawasi dan memonitor jalannya kegiatan siswa dalam menyelesaikan proyek ( membuktikan sifat-sifat bunyi melalui pembuatan terompet dengan bahan dasar daun kelapa atau daun pisang). (eksperimen)
3.      Guru melakukan monitoring tersebut dengan berlandaskan rubrik yang telah dibuat oleh guru. Rubrik tersebut berisi tentang kriteria pengukuran penilaian. Hal tersebut berisi, kualitas isi laporan percobaan siswa, kaidah penulisan laporan percobaan, peran serta siswa dalam proses pekerjaan proyek dan menilai kualitas interaksi yang terjadi dalam kelompok apakah sudah efektif atau belum.
E.      Menguji Hasil
1.      Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju ke depan, guna mempresentasikan hasil proyek mereka (Presentasi tersebut dalam bentuk pemeranan percakapan mengenai cita-cita)
2.      meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju ke depan, guna mempresentasikan hasil proyek mereka (Presentasi tersebut dalam bentuk pembunyian terompet ).
3.      Dari presentasi yang di paparkan masing-masing perwakilan kelompok, guru memberikan tanggapan/ umpan balik bersama siswa yang lain. (mengasosiasi)


F.       Mengevaluasi Pengalaman
1.      Menyampaikan kesimpulan umum dari hasil percobaan termasuk menyimpulkan jawaban dari pertanyaan pada tahap Penentuan Pertanyaan Mendasar.
2.      Refleksi dari keseluruhan proses pelaksanaan proyek.
150 Menit
Penutup
Bersama siswa baik secara individual maupun berkelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi: (mengkomunikasikan)
1.      Membimbing siswa menemukan sifat-sifat bunyi.
2.      Penilaian dan refleksi.
·         Kogntif: Apakah siswa paham dengan materi yang telah dijabarkan?(secara holistik: Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA).
·         Afektif: Apakah minat dan motivasi siswa terhadap pentingnya suatu cita-cita bertambah setelah pembelajaran ini? ; Bagaimana wujud minat dan motivasi tersebut? ; Apakah siswa mengetahui kaitan antara alat/ benda dengan cita-cita mereka dikemudian hari?
·         Psikomotorik: Pandai berkomunikasi dan berinteraksi sesuai kaidah serta terampil membuat terompet.
3.      Tindak lanjut. Misal: Menginstruksikan kepada siswa untuk bekerjasama dengan orang tua dirumah, yaitu mendiskusikan:
“Bagaimana peran televisi dapat membantu mewujudkan peran cita-citamu?.”
“Alat atau benda apa yang sesuai dengan cita-citaku, ayah?.”
4.      Menginformasikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.      Menutup pembelajaran dengan berdoa dan membaca hamdalah.
10 Menit

H.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a)      Penilaian tertulis:
·         Kerja Kelompok : hasil pembuatan percakapan apakah sudah sesuai kaidah komunikasi lisan yang baik atau belum.
b)      Penilaian non tes :
·         Penilaian Sikap : Rasa Ingin Tahu, Kreatif, Kerja Keras, Bersahabat/ Komunikatif.
·         Unjuk Kerja : Partisipasi aktif siswa dalam pengisisan tabel klasifikasi cita-cita di papan tulis dan tingkat keterampilan proses proyek dalam membuat percakapan maupun membuat terompet.
2.      Bentuk Instrumen Penilaian : Format Pengamatan, isian.
a)      Sikap : pengamatan

No

Nama
Aspek
Rasa ingin tahu
kreatif
Kerja keras
komunikatif
1





2





3





4





5





6





Dst





           
Nb. Penilaian sikap terutama ditujukan kepada siswa yang berlerilaku kurang dan lebih saja. Siswa kebanyakan dinyatakan baik. Siswa yang berperilaku kurang hendaklah diberikan arahan agar tidak menunjukkan sikap tersebut pada kegiatan berikutnya. Sedangkan siswa yang berperilaku lebih diberikan penghargaan agar dapat dipertahanakan.



b)      Pengetahuan :
Sesuai dengan indikator pengetahuan






c)      Kinerja
Penilaian kinerja memerlukan kreteria atau rubrik. Oleh karena itu, silahkan dibuatkan kreteria/rubrik untuk penilaian kinerja/produk. Aspek yang dinilai meliputi : perencananaan, pelaksanaan, dan pelaporan.
.

Instrumen Penilaian Presentasi

No
Aspek
Deskripsi
1.
perencanaan
Partisipasi aktif siswa dalam mengklafikasi cita-cita
2.
pelaksanaan
Keterampilan proses proyek
3.
pelaporan
Komunikasi dan interaksi serta keterampilan sesuai kaidah proyek


Mengetahui
Kepala Madrasah Ibtidaiyah AL MUHAJIRIN



LAILA LATANSA,M.Pd
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 4 



KRISWANTORO
NIP………………………….









2. Produk Belajar yang diharapkan
1.      Setelah melakukan pembelajaran siswa dapat membuat dan mempraktikkan percakapan tentang cita-cita serta mendiskusikannya menggunakan kosakata yang baku sesuai kaidah Ejaan Yang Disempurnakan.
2.      Setelah diskusi yang mendalam saat pembelajaran diharapkan siswa dapat mengidentifikasi cita-cita yang bermanfaat bagi masyarakat.
3.      Setelah melakukan pembalajaran yang disertai dengan pengamatan siswa dapat mengetahui sifat dan sumber-sumber bunyi.
4.      Setelah melakukan proyek siswa dapat membuat benda yang dapat menghasilkan sumber bunyi.

Comments

Popular posts from this blog

MANCING KONDE

Lambe Turah