MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING


 DISKUSI KB III
MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING
1. Discover berarti menemukan dan discovery adalah penemuan. Sedangkan Inquire bearti menayakan, meminta keterangan atau menyelidiki dan inquiry berarti penyelidikan. Dalam hubunganny dengan metode Discovery-Inquiry, Discovery addalah proses mental dinama anak/individuu mengasilmilasi konsep dan prinsip”. 
a. Konsep pembelajaran berdasarkan penemuan : Discovery ialah proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan suatu konsep atau prinsip. Proses mental yang dimaksud antara lain: mengamati, mencerna, mengerti, menggolong-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan sebagainya. Dengan teknik ini siswa dibiarkan menemukan sendiri atau mengalami proses mental sendiri, guru hanya membimbing dan memberikan intruksi. Dengan demikian pembelajaran discovery ialah suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan berdiskusi, membaca sendiri dan mencoba sendiri, agar anak dapat belajar sendiri.
Tiga ciri utama belajar menemukan yaitu: (1) mengeksplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan; (2) berpusat pada siswa; (3) kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada.
Beberapa keuntungan belajar discovery yaitu: (1) pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat; (2) hasil belajar discovery mempunyai efek transfer yang lebih baik dari pada hasil lainnya; (3) secara menyeluruh belajar discovery meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir bebas. Secara khusus belajar penemuan melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.
Selain memiliki beberapa keuntungan, metode discovery (penemuan) juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya membutuhkan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan dengan belajar menerima. Untuk mengurangi kelemahan tersebut maka diperlukan bantuan guru. Bantuan guru dapat dimulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan dengan memberikan informasi secara singkat. Pertanyaan dan informasi tersebut dapat dimuat dalam lembar kerja siswa (LKS) yang telah dipersiapkan oleh guru sebelum pembelajaran dimulai.
b. Langkah persiapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) adalah sebagai berikut:
  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Melakukan identifikasi karakteristik siswa (kemampuan awal, minat, gaya  belajar, dan sebagainya)
  • Memilih materi pelajaran.
  • Menentukan topik-topik yang harus dipelajari siswa secara induktif (dari contoh-contoh generalisasi)
  • Mengembangkan bahan-bahan belajar yang berupa contoh-contoh, ilustrasi, tugas dan sebagainya untuk dipelajari siswa
  • Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke kompleks, dari yang  konkret ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik sampai ke simbolik
  • Melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa
Model Pembelajaran Induktif seperti yang dikemukakan oleh Bruce Joyce dkk adalah pembelajaran dengan membetuk konsep-konsep dengan mengumpulkan dan mengolah Informasi. (Bruce Joyce dkk. Model-model Pembelajaran Judul asli: Models Of Teaching. Edisi Bahasa Indonesia: Pustaka Pelajar: Yogyakarta. 2011.  hal 97.
             Dalam metode ini siswa menjadi konseptor yang alamiah, untuk memanfaatkan kecendrungan alamiah ini, guru harus menyusun lingkungan pembelajaran efektif dan memberikan tugas pada siswa untuk meningkatkan efektifitas mereka dalam membentuk dan menggunakan konsep dan guru perlu membimbing mereka dengan sadar dalam mengembangkan keterampilan mereka untuk melaksanakan tugas.  
            Ada beberapa tip yaitu:
1.      Praktik, praktik dan praktik. Bangun komunitas pembelajaran mengenai model praktik.
2.      Cobalah untuk terus mencoba membantu siswa belajar bagaimana cara belajar.  kesalahan umum dalam pengajaran adalah mengajukan pertanyaan tanpa mengajarakan siswa bagaimana menjawab pertanyaan tersebut.
3.      Proses induktif membawa anak-anak untuk mengeksplorasi suatu bidang materi sebagai suatu komunitas pembelajar yang berlatih mengenai suatu bidang tertentu.

2.         KI3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
KD 3.2. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan masyarakat.
KD 4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

            Daftar pertanyaan KD 3.2
            1. Apakah yang dimaksud dengan hak ?
            2. apakah yang dimaksud dengan kewajiban ?
            3. apa saja hak siswa di sekolah ?
            4. apa saja kewajiban siswa di sekolah ?
            5. apa saja hak siswa di rumah sebagai anggota keluarga ?
            6. apa saja kewajiban siswa di rumah sebagai anggota keluarga ?
            7. apa saja hak siswa sebagai warga masyarakat ?
            8. apa saja kewajiban siswa sebagai warga masyarakat ?
            Daftar pertanyaan KD 4.2
            1. dapatkah siswa merumuskan bentuk bentuk kewajiban kewajiban yang harus dilaksanakan di
    sekolah, rumah, dan masyarakat ?
            2. mampukah siswa melaksanakan kewajiban kewajiban yang harus dilaksanakan di sekolah, di
                  rumah. Dan di lingkungan masyarakat ?
3. Jika kalimat pertanyaan dirubah menjadi kalimat pernyataan maka bisa di jadikan indikator dari KD
4. Indikator KD 3
-  memahami hak dan kewajiban sebagai siswa
            -  mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat
   Indikator KD 4
-          Merumuskan bentuk hak dan kewajiban sebagai siswa
-          Menerapkan dalam kehidupan sehari hari kewajiaban sebagai siswa












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL DISCOVERY LEARNING
Satuan Pendidikan       : Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin
Kelas/semester                         : IV/2
Tema/sub tema            : Indahnya Negeriku/Keindahan alam negeriku
Pertemuan ke               : 1
Alokasi waktu              : 1 hari
A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
B.     KOMPETENSI DASAR
PPKN
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
C.    INDIKATOR
- memahami hak dan kewajiban sebagai siswa
- mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat
- Merumuskan bentuk hak dan kewajiban sebagai siswa
- Menerapkan dalam kehidupan sehari hari kewajiaban sebagai siswa



D.    MATERI
PPKN
  1. Sikap-sikap yang wajib dilakukan terhadap kelestarian keindahan lingkungan alam.
  2. Pentingnya menjaga kelestarian keindahan lingkungan.
E.     ASPEK KARAKTER YANG DITANAMKAN
  1. Kepedulian
  2. Kedisiplinan

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan            : Tematik- Integratif (Scientific & Authentic Assessment)
Model                     : Discovery Learning
Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Dan Diskusi

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Tahap Scientific approach
Karakter yang dikembangkan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.   Apersepsi :
·      Guru menunjukkan suatu foto tempat wisata di sekitar siswa
·      Guru bertanya apa saja yang siswa pikirkan mengenai foto tempat wisata tersebut.
·      Siswa mengemukakan apa yang ada dipikirannya mengenai foto tempat wisata tersebut. 
·      Guru mengarahkan siswa untuk peduli terhadap lingkungan dan disiplin dalam berperilaku menjaga lingkungan, misalnya membuang sampah di tempatnya.
4.Guru menyebutkan tujuan pembelajaran hari ini.










Mengamati


Menyanya



Menalar





Mengkomunikasikan
Disiplin
(sikap dalam berdoa)


Disiplin (masuk tepat waktu)



Peduli

Kegiatan Inti
1.   Siswa mengidentifikasi   foto lokasi wisata di Indonesia
2.   Siswa menceritakan secara lisan lokasi wisata di dalam foto
3.   Siswa membuat pertanyaan mengenai gambar tersebut secara individu dengan memeperhatikan beberapa hal dibawah ini :
a.    Lokasi tempat dan jenis kenampakan alam
b.   Sumber daya alam  yang ada di dalamnya.
c.    Manfaat sumber daya alam bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
d.   Mata pencarian masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut
e.    Sikap peduli dan disiplin masyarakat yang tinggal di dalam lingkungan  terhadap alam sekitar.
f.    Akibat dari sikap masyarakat terhadap kelestarian dan keindahan alam  lingkungan tersebut.
4.   Secara berpasangan, siswa  menjawab pertanyaan  dari temannya dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia:
a.    Baca daftar pertanyaan milik teman pasangannya.
b.   Tulis jawaban pada tempat yang tersedia.
5.   Siswa membaca  teks  berjudul  Keindahan Alam dan mencari kata-kata yang tidak dimengerti dengan kamus Bahasa Indonesia untuk mencari arti kata tersebut, kemudian siswa membuat masing-masing satu kalimat untuk setiap kata.
6.   Siswa menyebutkan SDA Hayati dan non hayati
7.   Siswa memilih  satu lokasi di wilayah tempat tinggal mereka  yang terkenal dengan keindahan alamnya dan banyak dikunjungi  oleh warga sekitar atau warga dari daerah lain.
8.   Siswa menceritakan  berbagai hal tentang  tempat  wisata pilihan mereka dengan memperhatikan hal-hal berikut:
a.       Nama  tempat dan lokasi tempat wisata.
b.      Sumber daya alam yang terdapat dalam tempat wisata tersebut.
c.       Akibat  positif yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.
d.      Sikap-sikap yang harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut.
9.   Siswa mengamati gambar tentang anak-anak  yang merusak tempat wisata.
10.  Siswa berdiskusi akibat dari perusakan tersebut.
Mengamati


 
Mengkomunikasikan


Menanya



































Menanya











 

Mencoba












Menalar


Menalar
Mengkomunikasikan








Mengkomunikasikan


























 

Mengamati




Menalar
Disiplin



Peduli


Disiplin
Peduli


































Peduli











 

Disiplin












Peduli


Peduli









Peduli




























Disiplin




Peduli

Penutup
1 Siswa membuat kesimpulan / rangkuman mengenai tempat wisata dan sumber daya alam yang terdapat di dalamnya dan sikap peduli dan disiplin yang harus dilakukan pengunjung tempat wisata.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar.
3.      Berdoa.




H.       SUMBER DAN MEDIA
1.      Foto-foto tempat wisata di Indonesia
2.      Kamus Bahasa Indonesia
3.      Gambar Perilaku Anak Yang Tidak Disiplin Dan Merusak Lingkungan.
4.      Buku siswa Tema 6 Kelas IV

I.         PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian (terlampir)
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Sikap
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Esai atau uraian
Mengetahui
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin




LAILA LATANSA, M.Pd
Jakarta, 9 Juni 2020
Guru kelas




KRISWANTORO





















INSTRUMEN PENILAIAN

A.
    PENILAIAN NON TES
1.      Penilaian Sikap
Nama Siswa :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Sikap Scientific Approach
Karakter yang dikembangkan
Skor
1
2
3
4
Pendahuluan
1.   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.   Apersepsi :
· Guru menunjukkan suatu foto tempat wisata di sekitar siswa
·      Guru bertanya apa saja yang siswa pikirkan mengenai foto tempat wisata tersebut.
·      Siswa mengemukakan apa yang ada dipikirannya mengenai foto tempat wisata tersebut. 
·      Guru mengarahkan siswa untuk peduli terhadap lingkungan dan disiplin dalam berperilaku menjaga lingkungan, misalnya membuang sampah di tempatnya.
4. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran hari ini.













Mengamati




Menyanya





Menalar






Mengkomunikasikan
Disiplin
(sikap dalam berdoa)





Disiplin (masuk tepat waktu)



Peduli




Kegiatan Inti
1.   Siswa mengidentifikasi   foto lokasi wisata di Indonesia
2.   Siswa menceritakan secara lisan lokasi wisata di dalam foto
3.   Siswa membuat pertanyaan mengenai gambar tersebut secara individu dengan memeperhatikan beberapa hal dibawah ini :
a.       Lokasi tempat dan jenis kenampakan alam
b.      Sumber daya alam  yang ada di dalamnya.
c.       Manfaat sumber daya alam bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.
d. Mata pencarian masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut
e. Sikap peduli dan disiplin masyarakat yang tinggal di dalam lingkungan  terhadap alam sekitar.
f. Akibat dari sikap masyarakat terhadap kelestarian dan keindahan alam  lingkungan tersebut.
4.   Secara berpasangan, siswa  menjawab pertanyaan  dari temannya dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia:
a.    Baca daftar pertanyaan milik teman pasangannya.
b.   Tulis jawaban pada tempat yang tersedia.
5.   Siswa membaca  teks  berjudul  Keindahan Alam dan mencari kata-kata yang tidak dimengerti dengan kamus Bahasa Indonesia untuk mencari arti kata tersebut, kemudian siswa membuat masing-masing satu kalimat untuk setiap kata.
6.   Siswa menyebutkan SDA Hayati dan non hayati
7.   Siswa memilih  satu lokasi di wilayah tempat tinggal mereka  yang terkenal dengan keindahan alamnya dan banyak dikunjungi  oleh warga sekitar atau warga dari daerah lain.
8.   Siswa menceritakan  berbagai hal tentang  tempat  wisata pilihan mereka dengan memperhatikan hal-hal berikut:
a.       Nama  tempat dan lokasi tempat wisata.
b.      Sumber daya alam yang terdapat dalam tempat wisata tersebut.
c.       Akibat  positif yang dirasakan masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.
d.      Sikap-sikap yang harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut.
9.      Siswa mengamati gambar tentang anak-anak  yang merusak tempat wisata.
10.  Siswa berdiskusi akibat dari perusakan tersebut.
Mengamati



Mengkomunikasikan




Menanya





























 

Menanya














Mencoba













Menalar



Menalar
Mengkomunikasikan








 

Mengkomunikasikan

































Mengamati





Menalar
Disiplin



Peduli




Disiplin
Peduli






























Peduli














Disiplin














Peduli



Peduli











Peduli

































 
Disiplin





Peduli




Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan / rangkuman mengenai tempat wisata dan sumber daya alam yang terdapat di dalamnya dan sikap peduli dan disiplin yang harus dilakukan pengunjung tempat wisata.
2.Melakukan penilaian hasil belajar.
3.   Berdoa.







Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
         Skor maksimal=16

                              Skor perolehan
Nilai     =                                                                      X  100
                              Skor Maksimal

2.      Penilaian Produk : Karangan
Nama Siswa : …………………………..

No
Kriteria
Skor
3
2
1
1.       
Mencantumkan tempat wisata



2.       
Mencantumkan nama  lokasi wisata



3.       
Menjelaskan keindahan lokasi wisata



4.       
Mencantumkan jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lokasi
tersebut.



5.       
Mencantumkan akibat  positif yang dirasakan masyarakat
sekitar dengan adanya tempat wisata tersebut.



6.       
Mencantumkan sikap peduli dan disiplin yang
harus dilakukan baik oleh warga sekitar maupun oleh para
pengunjung untuk melestarikan tempat wisata tersebut



7.       
Tulisan terbaca dan rapi



8.       
Huruf besar dan tanda baca tepat



9.       
Menggunakan kosakata baku




Keterangan Skor:
1= Kurang
2= Cukup
3= Baik
         Skor maksimal=9


                              Skor perolehan
Nilai     =                                                                      X  100
                              Skor Maksimal


B.
     PENILAIAN TES
SOAL
1.      Sebutkan 3 tempat wisata di daerah Yogyakarta!
2.      Sebutkan 3 SDA hayati dan non hayati di daerah Kulon Progo!
3.      Bagaimana sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata? Berikan 3 contohnya!
4.      Mengapa masyarakat harus memiliki sikap disiplin dan peduli ketika berkunjung ke tempat wisata?
5.      Sebutkan 3 pekerjaan di daerah pantai!

KUNCI JAWABAN
1.      Nama tempat wisata di daerah Yogyakarta : Pantai Glagah, Pantai Parangtritis, Puncak Suroloyo, dll.
2.      Pasir laut, hutan pinus dan ikan.
3.      Sikap yang harus dilakukan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian dan keindahan tempat wisata, contohnya sikap peduli lingkungan, seperti buang sampah ke tempat sampah, tidak merusak tumbuhan, sikap disiplin menaati tata tertib di tempat wisata.
4.      Masyarakat harus memiliki sikap-sikap tersebut supaya kelestarian alam juga terjaga sehingga mata pencarian masyarakat juga tidak terganggu.
5.      Pekerjaan di daerah pantai adalah nelayan, pemandu wisata dan pedagang
RUBRIK PENILAIAN
NO
NILAI
KRITERIA
1.     
3
2
1
0
Siswa menyebutkan 3 tempat wisata di Yogyakarta dengan benar
Siswa menyebutkan 2 tempat wisata di Yogyakarta dengan benar
Siswa menyebutkan 1 tempat wisata di Yogyakarta dengan benar
Siswa tidak menyebutkan  tempat wisata di Yogyakarta dengan benar
2.     
3
2
1
0
Siswa menyebutkan 3 SDA dengan benar
Siswa menyebutkan 2 SDA dengan benar
Siswa menyebutkan 1 SDA dengan benar
Siswa tidak menyebutkan  SDA dengan benar
3.     
3
2
1
0
Siswa memberikan 3 contoh sikap menjaga kelestarian lingkungan
Siswa memberikan 2 contoh sikap menjaga kelestarian lingkungan
Siswa memberikan 1 contoh sikap menjaga kelestarian lingkungan
Siswa tidak memberikan sikap menjaga kelestarian lingkungan
4.     
3
2
1
0
Siswa memberikan alasan harus memiliki sikap alasan dengan tepat
Siswa memberikan alasan harus memiliki sikap alasan kurang tepat
Siswa memberikan alasan harus memiliki sikap alasan tidak tepat
Siswa tidak memberikan alasan harus memiliki sikap alasan
5.     
3
2
1
0
Siswa menyebutkan 3 pekerjaan di daerah pantai dengan benar
Siswa menyebutkan 2 pekerjaan di daerah pantai dengan benar
Siswa menyebutkan 1 pekerjaan di daerah pantai dengan benar
Siswa tidak menyebutkan pekerjaan di daerah pantai dengan benar

Comments

Popular posts from this blog

MANCING KONDE

Lambe Turah